author

BKKBN

Selamat hari keluarga nasional

ke XXVIII

       

Selamat hari keluarga nasional ke XXVIII

Keluarga keren cegah stunting

Keluarga Indonesia cegah stunting

Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahun. Sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat, peringatan hari keluarga nasional menjadi sangat penting.

Sejarah Hari Keluarga Nasional

Peringatan tahunan ini diawali dengan penyerahan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 22 Juni 1949. Seminggu kemudian, 29 Juni 1949, para pejuang kembali ke keluarga masing-masing.

Diperkirakan pada saat itu pengetahuan keluarga tentang usia perkawinan sangat rendah. Hal ini mengakibatkan tingginya angka pernikahan dini dan peningkatan angka kelahiran anak.

Pemerintah gencar memperkuat program Keluarga Berencana (KB), pada 29 Juni 1970. Akibat pernikahan dini dan angka kelahiran yang tinggi, hal inilah yang melatarbelakangi meningkatnya angka infeksi dan gizi buruk pada anak. Akhirnya ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) pada tahun 1993 oleh Presiden Soeharto.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak. Data survei menyebutkan angka stunting mencapai 27,67 persen pada 2019. Stunting pada 2020 dan 2021 akan meningkat menjadi 32, ...%. Melalui tema tahun ini, semua orang berharap kampanye pengurangan stunting dapat diintensifkan.

Logo HARGANAS 2021 yang memuat figur sebuah keluarga yaitu ayah, ibu dan dua anak, masih memiliki unsur dan nuansa yang mirip dengan logo tahun lalu.