author

10 kebiasaan yang membuang energi

       

10 kebiasaan yang membuang energi

10 kebiasaan yang membuang energi

Jika Terus Dilakukan 10 Kebiasaan Ini Hanya Akan Membuang-buang Energi

10 kebiasaan yang membuang energi. Hidup manusia dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukannya setiap hari. Ada kebiasaan baik yang akan membawa pada kesuksesan dan keberhasilan, ada juga kebiasaan buruk yang siap menjatuhkan. Jika kebiasaan baik yang kamu lakukan bisa memperbaiki hidupmu, maka ada beberapa kebiasaan buruk yang hanya akan menguras energimu.

Merasa lelah sangatlah wajar bagi seorang manusia. Tapi bagaimana jika lelahmu disebabkan oleh kebiasaan buruk yang terus kamu pertahankan? Masalahnya disini adalah kebanyakan orang tak menyadari jika kebiasaan buruknya bisa menguras energi dan membuatnya merasakan lelah setiap hari. Lebih parahnya, tak ada yang tau bagaimana cara keluar dan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Sebenarnya ada solusi mudah untuk keluar dari kebiasaan buruk yang menghabiskan tenaga berikut ini. Yang kamu butuhkan hanya niat dan kemauan, tak lupa komitmen. Berikut ini ada 10 kebiasaan yang akan menguras energi dan juga solusi untuk masing-masing yang diusulkan oleh Dalai Lama, seorang pemimpin spiritual Tibet yang diasingkan.

1. Menjaga janji

Menjaga janji merupakan kebiasaan yang baik, yang membuatnya buruk adalah jika janji yang dijaga tak bisa ditepati. Jangan membuat janji yang sekiranya kamu tak bisa menepatinya. Hal ini hanya akan membuat namamu menjadi buruk. Jika kamu berjanji, maka tepati itu!

2. Jauhi orang yang buruk

Menolong orang lain memang sebuah keharusan sebagai manusia sosial. Tapi jangan sampai justru kamu yang mendapat kesusahan dan berakhir dengan energi buruk dari orang lain. Tolonglah selagi kamu mampu melakukannya, jangan jika dirasa kamu tak bisa. Hindari orang-orang negatif dan kelilingi dirimu dengan orang-orang positif.

3. Bayar semua tagihan tepat waktu

“Jangan berutang pada siapapun” harus kamu jadikan moto hidup. Selalu bayar segala macam tagihan tepat waktu dan jangan menundanya. Kamu tak akan tahu apa yang akan terjadi di depan dengan finansialmu. Perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.

4. Belajarlah untuk memaafkan

Jika kamu memilih untuk tidak memaafkan, maka kamu memilih untuk hidup dalam penderitaan. Hidup itu pilihan. Ingin meracuni diri sendiri dengan kebencian dan dendam atau memilih memaafkan dan melanjutkan hidup. Meskipun seseorang itu tak layak mendapat pengampunan, setidaknya dengan mengampuninya kamu akan membahagiakan dirimu sendiri dan mendapat ketenangan. Mengangkat beban berat yang ada di dada akan membuatmu hidup lega.

5. Fokus lakukan apa yang kamu suka

Terkadang hidup memaksa kamu untuk melakukan apa yang tidak kamu sukai. Jika memungkinkan, tinggalkan dan fokus dengan apa yang kamu sukai. Tapi jika tak memungkinkan, carilah celah dan lakukan keduanya secara beriringan.

6. Bagilah waktu dengan baik

Adakalanya kamu membutuhkan waktu untuk istirahat di tengah sibuknya waktumu untuk bertindak. Kedua waktu ini sangatlah penting dan diperlukan dalam hidupmu, jadi bagilah sesuai porsinya masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk selalu bertindak karena kamu tak akan mendapat apa-apa.

7. Jangan biarkan semuanya kacau, perbarui!

Jangan biarkan hidupmu menjadi kacau. Perbarui dengan memulainya dari menata ulang kamar tidur atau membereskan isi lemari. Rumahmu adalah refleksi dari energimu. Jadi jika kamu ingin membersihkan pikiran, mulailah dengan membereskan kekacauan yang ada di ruanganmu!

8. Menghadapi kesulitan

Jangan bersembunyi dari masalah. Jika ada sesuatu yang mengganggumu, ungkapkan saja dan hilangkan (masalah) itu dari hidupmu. Jangan menunggu solusi yang bahkan tak akan turun dari langit. Kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri sebagai solusi.

9. Perhatikan kesehatan kamu

Bahkan, kecerdasan yang paling tinggi tak akan berjalan baik tanpa kesehatan. Kamu membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang berjalan beriringan untuk bisa merasakan kebahagiaan. Luangkan cukup waktu untuk merawat dan menjaga tubuh serta menenangkan pikiran.

10. Biarkan hidupmu mengalir

Kamu adalah salah satu bagian dari kehidupan, dan kehidupan adalah bagian dari dirimu. Berhenti berjuang untuk melawan arus kehidupan. Kamu hanya perlu menerimanya dan ikuti kemana arus membawamu. Satu yang harus kamu ingat, kamu memegang navigasi pada kapalmu sendiri.

Percayalah, hidupmu akan lebih indah jika kamu bisa mengenali dan mengendalikan kebiasaanmu. Jangan buang-buang energi untuk hal yang tak penting. Kumpulkan saja energimu untuk melakukan apa yang kamu sukai dan yang kamu inginkan. Karena hidup terlalu singkat jika kamu sia-siakan dengan hal yang tak menguntungkan.