author

10 kebiasaan tingkatkan kecerdasan

       

10 kebiasaan tingkatkan kecerdasan

10 kebiasaan tingkatkan kecerdasan

10 Kebiasaan Keren Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Lho!

10 kebiasaan tingkatkan kecerdasan. Tak hanya otot dan tubuh yang harus dilatih, otak juga membutuhkan latihan agar tetap sehat. Menghabiskan waktu beberapa menit untuk latihan mental tak hanya akan memperkuat pemikiran namun juga meningkatkan memori otak. Tak hanya itu, latihan otak juga bisa menenangkan pikiran. Berikut ini 10 kebiasaan baik yang dapat membantu kamu mengembangkan otak dan juga melatih pikiran agar selalu sehat secara mental.

1. Mengamati

Melihat tidak sama dengan mengamati. Untuk observasi akan melibatkan analisis dari apa yang kamu lihat. Ketika kamu mengamati, kamu akan melihat kembali apa yang telah kamu abaikan. Menyerap apapun yang ada di sekitar dan juga jangan berhenti untuk membayangkan.

2. Pelajari

Jika kamu selalu membuka pikiran dan tak pernah berhenti belajar, otak akan terbiasa untuk ingin tahu lebih banyak. Dapatkan setiap peluang untuk belajar sesuatu dari orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih luas dimanapun dan kapanpun.

3. Mendengarkan

Ketika kamu mendengarkan suara di sekitarmu, kamu akan menyerap “ilmu” dunia. Berjalan di sepanjang jalan dan mendengar orang lain berbicara akan melatihmu untuk belajar bagaimana orang lain berpikir dan mengungkapkan pikirannya. Kamu juga bisa melatih kebiasaan ini dengan mendengarkan musik atau diskusi-diskusi tentang topik tertentu.

4. Eksperimen

Mulai sekarang kamu harus berani keluar dari zona nyaman dan mulai eksperimen dengan hal-hal yang menurutmu menarik atau dengan hal baru. Jika tidak, mungkin kamu akan kehilangan sesuatu yang akan mengubah hidup atau pikiranmu. Belajarlah dari sesuatu yang menarik bagimu atau belajar tentang bidang yang tak banyak kamu ketahui.

5. Perluas

Jangan pernah puas dengan pengetahuan yang kamu dapatkan. Terus tingkatkan pengetahuanmu akan hal-hal baru. Secara bertahap pengetahuanmu akan tumbuh dan otak akan terbiasa untuk tidak menetap hanya pada satu informasi saja.

6. Bicara

Belajarlah dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Latih kemampuan untuk menyampaikan informasi yang ada di dalam otak kamu. Ekspresikan ide-ide yang muncul dan komunikasikan dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Kembangkan pemikiran baru dari campuran informasi yang telah kamu dapatkan.

7. Latihan

Tubuh dan pikiran merupakan satu kesatuan. Jika salah satunya tidak dalam kondisi terbaik, maka yang lainnya juga akan mendapat pengaruh buruk. Sediakan 20 menit sehari untuk melakukan latihan untuk mengoksidasi pikiran kamu. Latihan ini bisa kamu lakukan dengan menyelesaikan soal di bawah ini misalnya.

8. Mediasi

Coba kamu kenali pikiranmu, bagaimana perilakumu, dan apa yang akan kamu lepaskan ketika bermediasi. Di sini kamu akan mengenal lebih bagaimana dirimu. Dengan mediasi, jalan pikiran akan lebih terbuka sehingga kamu bisa merasakan bagaimana rileksnya pikiran dan otakmu.

9. Menganalisis kemungkinan

Cobalah sekali-kali untuk “out of the box”. Di luar sana akan banyak memberikanmu jawaban atas masalah yang kamu hadapi. Kamu hanya harus mencarinya dan lupakan sejenak tentang berpikir logis. Jangan pernah berhenti untuk mengeksplorasi ide-ide dan juga kemungkinan hingga menghasilkan sebuah solusi.

10. Bermain dengan pikiran

Tidak ada yang salah ketika kamu memikirkan hal-hal yang tidak mungkin. Ketika kamu memikirkan seluruh alam semesta di otak, kamu akan melihat sedikit kemungkinan. Dengan begitu kamu bisa melatih otak untuk melihat kemungkinan-kemungkinan yang lainnya.

Salah satu bagian paling penting dari latihan otak ini adalah, kamu harus melakukannya setiap hari layaknya kamu melatih tubuh dan ototmu. Tak ada ruginya untuk selalu mendengar, mengamati dan ambil keuntungan dari dunia yang kamu tinggali ini.